TT Ads

Selain kucing, kelinci merupakan salah satu hewan mamalia yang cukup banyak penggemar di berbagai kalangan. Sama seperti kucing, kelinci memiliki sifat yang ramag dan dapata dijadiakan hewan pelliharaan. Salah satu Kelinci Anggora, jika kalian ada keingin untuk memelihara atau sudah memiliki kelinci ini maka kalian harus ketahui terlebih dahulu cara merawat termasuk tentang kesehatan,kebutuhan nutrisi, kandang dan lain sebagainya.  Oleh karena itu , berikut ini beberapa cara memelihara Kelinci Anggora yang efektif dan mudah.

1. Menjaga Kesehatan Kelinci Anggora

Untuk menjaga kesehatan kelinci Anggora berarti kita harus sering membawa kelinci ini ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan rutin. Jika kelinci anda menunjukkan gejala sakit maka jangan ragu untuk segera membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Beberapa gejala sakit pada kelinci adalah diare yang berair, tidak menggunakan kaki belakangnya untuk bergerak atau malas untuk melompat, konstipasi, urin berwarna gelap atau urin jarang keluar, mudah lelah, mata atau hidung berair, demam, dan selalu mengeluarkan air liur.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah membuat kelinci anda steril. Tindakan ini dapat dilakukan dengan melakukan konsultasi dengan dokter hewan anda sebelumnya. Jika anda tidak berniat untuk memiliki anak kelinci yang lain, anda dapat melakukan tindakan ini pada usia 4 hingga 6 bulan. Tujuan dari steril pada kelinci adalah mencegah kehamilan yang tidak diinginkan serta mencegah timbulnya penyakit. Perlu diketahui bahwa kelinci betina yang tidak di steril memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mendapatkan kanker uterus.

2. Selalu Memeriksa Keadaan Gigi Kelinci

Gigi dari kelinci Anggora tidak akan pernah berhenti untuk bertumbuh. Oleh karena itu dia akan selalu senang untuk mengunyah sesuatu agar meratakannya. Jika gigi kelinci anda terlihat semakin panjang maka anda dapat membawanya ke dokter hewan untuk sedikit memotongnya. Jangan pernah memotong gigi kelinci anda sendiri, karena gigi kelinci dapat menjadi retak dan menyebabkan pembengkakan hingga masalah yang serius pada mulutnya.

3. Rajin Merawat Bulu Kelinci

Kelinci Anggora merupakan jenis kelinci yang memiliki bulu yang halus sehingga banyak orang yang mencukurnya untuk dijadikan bahan pakaian. Walaupun demikian, jangan pernah untuk mencukur bulu kelinci anda. Anda dapat menyikat bulu kelinci ini sebanyak satu kali sehari agar bulu mereka tetap halus dan sehat. Pada saat menyikat bulu kelinci anda dapat menggunakan sisir khusus hewan. Dengan menyikat bulu kelinci maka anda dapat mengurangi bulu yang rontok pada perabotan, karpet, dan pakaian anda.

4. Memberi Makanan Yang Tepat

Kelinci Anggora sangat menyukai jerami sebagai makanannya. Selalu pastikan bahwa kelinci anda memiliki cukup banyak jerami untuk dikunyah, Jerami memiliki semua nutrisi penting yang dibutuhkan bagi kelinci untuk tetap sehat. Dengan mengunyah, gigi kelinci dapat menjadi rata dan tertahan pertumbuhannya. Selain itu kita perlu mengetahui bahwa terdapat makanan yang tidak boleh diberikan kepada kelinci Anggora. Makanan tersebut adalah brokoli, jagung, bayam, kacang yang belum dikupas, kubis, dan kembang kol. Makanan-makanan ini berbahaya karena susah untuk dicerna oleh kelinci Anggora dan dapat menyebabkan kelinci menjadi sakit.

5. Memberikan Pellet Kelinci

Anda juga dapat memberikan kelinci Anggora anda pellet kelinci setiap hari sebagai tambahan nutrisi. Anda dapat memberikan pellet sebanyak seperempat atau setengah mangkuk per hari. Beberapa kelinci Anggora membutuhkan penyesuaian makanan tergantung kondisinya. Hal ini dapat anda konsultasi kan ke dokter hewan anda.

TT Ads

Please Login to Comment.