TT Ads

Sebagai hewan yang senang untuk bermain dan beraktivitas, kucing juga pernah juga mengalami cedera seperti keseleo juga. Hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri yang cukup kuat pada kucing. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini cara atasi kucing keseleo agar dapat membantu meringankan rasa nyeri sekaligus menimalkan cedera yang lebih parah.

1. Mengenal Gejala Keseleo

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum melakukan pertolongan pertama pada kucing anda yang keseleo adalah dengan mengenali gejala keseleo. Anda perlu tahu gejala keseleo untuk menentukan apakah kucing anda benar-benar keseleo atau terdapat cedera lain seperti retak atau patah tulang. Keseleo pada kucing biasanya terjadi di bagian lengan dan lutut. Beberapa ciri bahwa kucing anda mengalami keseleo adalah:

  • Berjalan pincang.
  • Berjalan timpang atau bahkan tidak bisa berjalan sama sekali.
  • Terdapat bengkak.
  • Rasa nyeri.
  • Terdapat perubahan bentuk pada daerah cidera.

2. Melihat Perubahan Perilaku dan Fisik

Pada saat kucing mengalami keseleo, terkadang terdapat ciri-ciri fisik seperti adanya bengkak atau kemerahan di sekitar pergelangan kaki yang mengalami cidera. Selain itu anda dapat melihat kucing yang menjilati area yang cidera tersebut. Selain dari cirri-ciri fisik, anda juga dapat melihat perubahan perilaku pada kucing yang mengalami keseleo. Kucing dapat mengalami perubahan nafsu makan yang dilihat dari sisa makanan yang masih banyak. Kucing juga tidak banyak beraktifitas dan memilih untuk tidur lebih lama dari biasanya. Selain itu kucing juga akan terus mengeong atau mendesah jika pergelangan kaki yang keseleo disentuh atau digerakkan.

3. Membatasi Pergerakan Kucing

Setelah anda menyadari bahwa kucing anda mengalami keseleo, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mencegah kucing anda untuk bergerak terus menerus. Jika kucing anda tetap berlari dan bermain, hal yang ditakutkan adalah cidera yang dialaminya akan semakin memburuk. Jika kucing anda memiliki kandang, anda dapat memasukkannya sementara ke dalam kandang agar dia tidak terus menerus berlari dan bermain.

4. Memeriksa Kucing Dengan Penuh Perhatian

Ketika kucing mengalami cidera seperti keseleo, dia akan merasakan nyeri yang disebabkan karena cideranya tersebut. Untuk itu saat anda ingin memeriksa kucing anda, pastikan bahwa anda memeriksa tubuhnya dengan penuh perhatian dan perlahan. Hal ini diakarenakan kucing dapat melukai anda karena dia merasa kesakitan dan ketakutan. Jauhkan wajah anda dari mulut kucing dan peluk dia saat memeriksa tubuhnya. Saat memeriksa pastikan anda memeriksa dengan perlahan dan lembut. Bila perlu anda dapat menenangkan kucing anda dengan suara yang lembut agar dia tidak terpancing untuk marah.

5. Membawa Kucing ke Dokter Hewan

Cara yang paling efektif untuk merawat kucing yang keseleo adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Setelah anda melakukan langkah-langkah di atas, anda dapat membawa kucing anda ke dokter hewan terdekat untuk mendapat perawatan lebih lanjut. Setelah anda melakukan janji dengan dokter hewan, anda dapat membawa kucing anda dan menjelaskan permasalahan yang dialami. Saat anda membawa kucing yang keseleo ke dokter hewan, pastikan bahwa anda meletakkannya di dalam kandang selama perjalanan. Hal ini dapat mencegah resiko kucing anda mengalami cidera yang lebih parah.

TT Ads

Please Login to Comment.