TT Ads

Jika ikan peliharaan kalian mengalami seperti perubahan warna , ikan kalian menjadi gelisah atau diam dan malas untuk bergerak. Maka kalian berhati-hati karena kemungkinan ikan kalian sedang mengalami masa stres.

Pastinya kalian tidak ingin hewan peliharaan kalian stress hingga mati bukan ? maka dari sebagai majikan kalian harus paham terlebih dahulu beberapa penyebab ikan bisa stress sampai akhirnya mati , beriku ini ulasannya.

1. Penggantian Air yang Kurang Tepat

Mengganti air didalam akuarium memang perlu dilakukan secara rutin agar nantinya kebutuhan oksigen ikan tetap terpenuhi. Akan tetapi, sebaiknya anda tidak mengganti air di akuarium ini secara drastis, karena ini bisa menyebabkan stress juga, hindari menggunakan jaring dengan ukuran lubang lebar untuk menghindari merusak sirip ikan.

2. Kualitas Air Tidak Baik

Ikan hias apapun memang cukup sensitive dengan kualitas air, sehingga sebelum anda memutuskan membeli ikan maka harus mempelajari karakteristik dari ikan tersebut. Jika kondisinya tidak sesuai dengan habitat aslinya, biasanya bisa membuat ikan stress apabila gagal beradaptasi.

Ada beberapa jenis ikan yang sangat penting untuk diperhatikan tekanannya, seperti dalam cara menentukan parameter air akuarium yang pas untuk pemeliharaan arwana berikut agar bisa hidup dengan nyaman di dalam akuarium tersebut.

3. Kualitas Makanan yang Diberikan

Pada umumnya ikan hias ini diberikan makanan ikan seperti pur / pellet, namun tidak ada salahnya jika anda ingin memberikan variasi makanan lain yang pastinya sehat dan cocok untuk ikan anda agar nantinya mereka tidak stress.

4. Makanan Mengendap di Dasar Akuarium

Mungkin ini menjadi alasan kenapa anda tidak dianjurkan untuk memberi makan berlebihan kepada ikan hias, maksud hati agar mereka bisa kenyang namun yang ada jika makanan tersebut tidak habis maka bisa mengendap didasar wadah yang membuat air menjadi keruh.

Tentu hal ini tidak baik untuk kesehatan ikan tersebut, karena bagaimana pun ikan juga suka dengan kondisi air yang bersih dan jernih dimana mereka bisa mendapatkan oksigen yang dibutuhkan untuk terus hidup.

5. Perubahan Suhu Ekstrem

Perubahan suhu ekstrim ternyata juga bisa membuat ikan menjadi stress, perubahan suhu ini seperti jika ikan di dalam akuarium terkena sinar matahari terlalu lama. Oleh karena itu anda bisa menempatkannya pada area yang tepat.

6. Luka atau Mengalami Cedera

Meskipun hidupnya terus berada di air, bukan berati ikan ini tidak bisa mengalami luka. Luka pada ikan ini ada banyak penyebabnya, bisa dikarenakan pada saat kawin, pada saat pembersihan akuarium, terkena benda didalam akuarium, atau mungkin tergores kaca akuarium itu sendiri.

Nah itu tadi sedikit ulasan tentang ciri-ciri ikan stress yang perlu anda ketahui, semoga ulasan diatas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda nantinya. Ketahui juga pembahasan lain mengenai cara memelihara ikan aquarium agar tidak mati dengan cepat.

TT Ads

Please Login to Comment.