TT Ads

Buaya adalah reptil bertubuh besar yang hidup di air. Secara ilmiah, buaya meliputi seluruh spesies anggota suku Crocodylidae, termasuk pula buaya sepit. Di Indonesia sendiri, Buaya memiliki beberapa jenis yang biasanya jenis panggilannya tergantung dari masing-masing daerah seperti Bajul (Jawa),Bahaya(Sunda dan banjar) hingga Bekikok (Betawi .

Terdapat 7 jenis buaya di Indonesia yang sudah sangat terkenal di penjuru Nusantara, dan semuanya itu telah tersebar di sejumlah Pulau di Tanah Air. Penasaran jenis buaya apa sajakah yang ada di negara Indonesia? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Buaya Muara (Crocodylus Porosus)

Jenis buaya di Indonesia yang pertama kali ini adalah Buaya Muara, spesies buaya yang satu ini mungkin tidak begitu asing di Indonesia karena memang cukup sering diberitakan. Namun anda perlu berhati-hati, karena Buaya Muara ini menjadi spesies yang paling besar, paling panjang, dan paling ganas diantara jenis buaya lain di dunia.

Maka tidak heran di Indonesia cukup sering terjadi beberapa kasus Buaya Muara memangsa hewan ternak atau bahkan manusia. Penyebaran dari buaya ini sangatlah luas, dimana hewan ini bisa ditemukan mulai dari Teluk Banggala (Sri Langka, India, Bangladesh) hingga Kepulauan Fiji, sementara Indonesia dan Australia menjadi habitat favorit dari hewan ini.

Disamping itu, buaya satu ini juga memiliki kekuatan gigitan yang luar biasa, bahkan masuk dalam daftar hewan dengan gigitan terkuat di Dunia. Sehingga ketika ada menemui hewan satu ini segera melarikan diri agar tidak terkena serangannya.

2. Buaya Air Tawar / Buaya Siam (Crocodylus Siamensis)

Sesuai namanya, diperkirakan jika spesies buaya yang satu ini berasal dari Siam. Tidak hanya di Indonesia saja, namun buaya ini juga bisa dijumpai di Vietnam, Malaysia, Thailand Laos, dan juga Kamboja, sementara di Indonesia Buaya Air Tawar ini bisa ditemukan di Jawa dan Kalimantan.

3. Buaya Irian (Crocodylus Novaguineae)

Jenis buaya di Indonesia selanjutnya kali ini adalah Buaya Irian yang hanya bisa ditemukan di pulau Irian (Indonesia) dan juga Papua Nugini. Sekilas tampilan fisik dari buaya ini mirip dengan buaya muara, hanya saja ukurannya lebih kecil dan memiliki warna yang lebih hitam, selain itu Buaya Irian ini juga hidup di air tawar.

4. Buaya Kalimantan (Crocodylus Raninus)

Untuk tampilan dari Buaya Kalimantan ini memiliki kemiripan dengan Buaya Muara. Dimana hewan ini bisa ditemui di Kalimantan Timur dan juga Kalimantan Selatan, dan saat ini status dari hewan ovipar ini pun masih menjadi bahan perdebatan para ahli.

Buaya Kalimantan ini sendiri akan dengan mudah anda temukan di area rawa maupun sungai-sungai yang berada di Kalimantan, karena memang itu menjadi tempat favorit mereka. Namun jika anda ingin melihat buaya ini dalam jumlah besar, maka anda bisa menemukannya di tempat penangkaran buaya maupun agrowisata di Balikpapan.

TT Ads

Please Login to Comment.